About Ngobrolin Hukum


ngobrolhukum

When You Know Better, You Do Better”
– Maya Angelou –

Secara filosofis, sebenarnya hukum ada di tengah masyarakat, berproses bersama masyarakat, dan berkembang pula seiring dengan perkembangan masyarakat. Hal tersebut bermakna bahwa hukum hadir di tengah masyarakat untuk mengakomodir kepentingan masyarakat sehingga dapat mewujudkan perlindungan hukum, keadilan, ketertiban, dan ketentraman bagi masyarakat.

Faktanya? Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini hukum sering disalahartikan, bahkan disalahgunakan. Tidak jarang kita mendengar banyaknya masyarakat yang ‘terbodohi’ karena tidak tahu dan tidak paham hukum. Terbodohinya pun, tidak jarang pula karena ‘dibodohi’ oleh orang-orang yang tahu dan paham hukum. Keadaan tersebut akhirnya berdampak pada tercorengnya wibawa hukum di mata masyarakat. Hukum tidak lagi dipandang sebagai pembela masyarakat, namun justru pembawa petaka.

Melihat kenyataan tersebut di atas, menurut saya, sungguh menjadi PR bagi setiap orang yang tahu dan paham hukum, terutama yang studi, pekerjaan, maupun profesinya berada di bidang hukum, untuk berbagi mengenai hukum pada yang masih buta hukum. Sungguh memalukan apabila ‘pengetahuan’ dan ‘keahlian’ mengenai hukum justru digunakan untuk memutarbalikkan fungsi hukum di tengah masyarakat sehingga masyarakat menjadi terbodohi dan tidak merasakan manfaat yang semestinya dari keberadaan hukum.

Blog ini hadir dimaksudkan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban atas ‘pengetahuan’ yang dimiliki dalam bidang hukum. Dimulai dengan hal-hal yang mendasar saja, hal-hal yang sering muncul dan menjadi pertanyaan dalam berbagai diskusi ringan masyarakat mengenai hukum, tidak perlu membahas hukum secara njelimet. Harapannya, semoga akan lebih bermakna dan mengena, serta dapat membawa pembaca blog ini sampai pada tahap ‘tahu dan paham’ mengenai hukum.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s