SEKILAS TENTANG MACAM-MACAM HAK

Keadilan menjadi salah satu tujuan hukum. Bahkan seringkali semboyan latin “Fiat Justitia Ruat coeleum” sering diucapkan oleh para penegak hukum. Keadilan menjadi hal yang terus menerus harus diperjuangkan. Jika berbicara tentang keadilan, tentu kita tidak akan lepas dari kata “HAK” yang menjadi salah satu alasan perlu ditegakkannya keadilan.

Hak sama sekali tidak bisa luput ketika kita memperbincangkan perihal keadilan. Dengan terlebih dahulu memahami hak, maka akan memudahkan kita untuk memahami lebih lanjut pada tataran selanjutnya mengapa hak menjadi salah satu inti penting dalam perbincangan-perbincangan tentang hukum, misalnya tentang apa itu hak hukum.

Tentu pengertian tentang hak adalah sangat luas sekali, namun bukan berarti tidak perlu dipahami. Black’s Law Dictionary (1990 : 1323 – 1324) membahas mengenai hak sebagai berikut :

As a noun, and taken in an abstract sense, means justice, ethical correctness, or consonance with the rules of law or the priniciples of morals…. rights are defined generally as power of free action. And the primal rights pertaining to men are enjoyed by human beings purely as such, being grounded in personality, and existing antecedently to their recognition by positive law. But leaving the abstract moral sphere, and giving to the term a juristic content, a right is well defined as a capacity residing in one man of controling, with the assent and assistance of the state, the actions of others.

Secara umum, hak dapat diklasifikasikan sebagai berikut (disarikan dari Pokok-Pokok Filasafat Hukum, Darji Darmodiharjo) :

  1. Hak sempurna (perfect)

Hak yang sempurna ditandai oleh pemenuhan kewajiban yang sempurna pula, sedangkan kewajiban yang sempurna adalah kewajiban yang bukan saja diatur, melainkan juga dapat dipaksakan oleh hukum. Hak yang tidak sempurna adalah hak yang juga dikenal dan diatur oleh hukum, namun tidak dapat dipaksakan.

  1. Hak in personam dan hak in rem

Hak in personam meletakkan kewajiban pada orang tertentu, sedangkan hak in rem meletakkan kewajiban itu pada orang-orang pada umumnya karena hak itu melekat pada bendanya. Dapat dikatakan hak in rem merupakan kepentingan yang dilindungi terhadap dunia pada umumnya, sedangkan hak in personam merupakan kepentingan yang dilindungi terhadap seseorang tertentu.

  1. Hak primer (primary) dan hak sekunder (secondary)

Hak primer dapat muncul tanpa mengacu pada hak-hak yang sudah ada saat ini. Hak sekunder dapat muncul untuk tujuan melindung atau menerapkan hak primer. Hak sekunder dapat mencakup hak preventif maupun reparatif.

  1. Hak preventif (preventive atau protective secondary) dan hak reparatif (remedial atau reparative secondary)

Hak preventif adalah hak untuk mencegah pelanggaran atau kerugian dari hak primer. Hak preventif ini dapat dipaksakan oleh hukum (judicial), atau dapat secara sukarela dilaksanakan oleh para pihak (extrajudicial). Hal ini juga berlaku untuk hak reparatif. Hak reparatif meliputi hak atas pemulihan ke keadaan semula, hak untuk berbuat menurut hukum, dan hak atas ganti kerugian.

  1. Hak mutlak (absolute) dan hak terbatas (qualified)

Hak mutlak memberikan kepada seseorang dalam hubungannya dengan suatu objek tanpa terikat oleh waktu dan dapat diperuntukan terhadap semua tujuan. Hak terbatas adalah hak atas suatu objek yang diberikan kepada seseorang untuk tujuan-tujuan tertentu atau di bawah kondisi tertentu pula.

  1. Hak berdasarkan hukum (legal rights) dan berdasarkan equity (equitable rights)

Untuk legal rights dan equity rights dikenal dalam sistem hukum negara-negara Common Law, khususnya Inggris. Hak berdasarkan hukum merupakan hak yang diakui pengadilan Common Law, dan hak berdasarkan equity adalah hak yang diakui pengadilan Chancery.

Baca juga obrolan sebelumnya tentang Hak Hukum.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s