AKANKAH SEGADUH 2015?

Tidak terasa pergantian tahun 2016 sudah berjalan hampir 1 minggu. Semalam, suguhan berita di salah satu stasiun televisi swasta yang menyajikan rangkuman kegaduhan peristiwa politik di Indonesia selama tahun 2015 membuat saya bertanya-tanya, di tahun 2016 ini masih akankah arena politik kita segaduh 2015 kemarin?

Sebut saja beberapa kasus terakhir seperti kisruh antara kabinet jokowi dengan DPR. Begitu pula kasus papa minta saham ala Setyo Novanto sang (mantan) ketua DPR juga menjadi suguhan penutup cukup ciamik dideretan sejarah bobroknya perilaku para wakil rakyat dalam arena politik bangsa kita di tahun 2015.

Kegaduhan politik menjadi pertanda bahwa alih-alih kekuasaan diabdikan untuk kepentingan  rakyat, kekuasaan justru dimanfaatkan untuk memuluskan kepentingan pribadi / kelompok.
Saling sikut dan debat pendapat seakan menjadi hal yang biasa. Pun rakyat, akhirnya hampir terbiasa (dipaksa) maklum dengan suguhan drama politik macam ini. Drama penuh intrik  menarik tapi sekaligus membuat rakyat bergidik.

Sejauh mana penguasa-penguasa yang berada dalam arena politik saat ini akan belajar dari pengalaman selama 2015? Entahlah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s