TATA CARA PENDAFTARAN MEREK

Merek merupakan salah satu dari karya intelektual yang penting dan memiliki peran yang sentral dalam dunia usaha. Merek dapat menjadi suatu prestise yang bermanfaat bagi kelancaran penjualan produk atau jasa yang dimiliki. Akan sangat disayangkan apabila suatu produk atau jasa yang telah dikembangkan dengan susah payah hingga memperoleh citra yang baik namun pada akhirnya diserobot oleh pihak lain hanya karena merek tersebut belum terdaftar.

Berdasarkan pemikiran itulah maka penting bagi pemilik merek untuk segera mendaftarkan mereknya ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Dengan didaftarkannya merek maka akan diperoleh kepastian dan perlindungan hukum mengenai hak atas merek. Berikut akan dipaparkan secara singkat mengenai tata cara pendaftaran merek.

Pertama, pastikan bahwa merek anda belum pernah didaftarkan oleh pihak lain. Hal ini merujuk pada ketentuan Pasal 6 ayat (1) huruf a dan b Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek yang menyatakan bahwa permohonan pendaftaran merek harus ditolak oleh Direktorat Jenderal HKI apabila :

  • merek tersebut memiliki persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek pihak lain yang sudah terdaftar lebih dahulu untuk barang/jasa yang sejenis;
  • memiliki persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek yang sudah terkenal milik pihak lain untuk barang dan/atau sejenisnya.

Untuk memastikan hal tersebut, lakukan penelusuran terlebih dahulu dengan cara mengakses fasilitas online data merek indonesia yang disediakan Direktorat Jenderal HKI di sini atau dapat langsung menghubungi Direktorat Jenderal HKI. Penelusuran tersebut penting dilakukan guna menghindari kerugian yang timbul apabila permohonan pengajuan permohonan pendaftaran merek anda ditolak oleh Direktorat Jenderal HKI.

Kedua, apabila anda telah melakukan penelusuran merek dan memastikan bahwa tidak ada merek yang memiliki persamaan sebagaimana tersebut dalam Pasal 6 ayat (1) huruf a dan b Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 terdaftar sebelumnya, segera ajukan permohonan hak merek dan pendaftaran merek anda.

Bagaimana Mengajukan Permohonan Hak Merek?

Ada 3 (tiga) alternatif untuk mengajukan permohonan hak merek yang dapat anda pilih salah satunya, yaitu :

  • Langsung datang ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI).
  • Melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI di Seluruh Indonesia.
  • Melalui Kuasa Hukum Konsultan HKI Terdaftar.

Bagaimana Alur Pengajuan Permohonan Pendaftaran Merek?

Alur pengajuan permohonan pendaftaran merek adalah tahapan yang harus dilalui oleh pemohon sehingga memperoleh bukti/tanda bukti mengajukan permohonan pendaftaran merek. Ketentuan hukum mengenai permohonan pendaftaran merek diatur pada Bab III Pasal 7-17 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek.

Yang perlu menjadi catatan dalam tahapan ini adalah bukti/tanda bukti telah mengajukan permohonan yang diperoleh oleh pemohon bukan merupakan sertifikat pendaftaran merek. Setelah tahapan pengajuan permohonan pendaftaran merek, masih akan ada proses tahapan selanjutnya.

Selengkapnya mengenai alur pengajuan permohonan pendaftaran merek dapat dilihat di sini.

Bagaimana Prosedur Pendaftaran Merek?

Ketentuan hukum mengenai prosedur pendaftaran merek diatur pada Bab IV Pasal 18-32 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Selengkapnya mengenai prosedur pendaftaran merek dapat dilihat di sini.

Berapa Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Permohonan Merek?

Besaran biaya untuk permohonan pendaftaran merek telah ditetapkan oleh DJHKI. Selengkapnya mengenai tarif biaya permohonan merek dapat dilihat di sini.

Download UU No. 15 Tahun 2001 ttg Merek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s