MEMAHAMI HAK ATAS TANAH (5) : HAK GUNA USAHA

Setelah dalam tulisan sebelumnya dibahas mengenai hak milik atas tanah, maka hak atas tanah berikutnya yang akan dibahas pada tulisan kali ini yaitu mengenai hak guna usaha. Berikut pemaparan singkat dan mendasar mengenai hak guna usaha.

1.  Dasar Hukum

Hak guna usaha merupakan salah satu hak atas tanah sebagaimana tercantum dalam Pasal 16 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 (UUPA). Lebih lanjut secara khusus hak guna usaha dalam UUPA diatur pada Pasal 28 – Pasal 34.

Pasal 50 ayat (2) UUPA mengatur bahwa ketentuan-ketentuan lebih lanjut mengenai hak guna usaha diatur dengan peraturan perundangan. Peraturan perundangan dimaksud yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1996 tentang Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan, dan Hak Pakai Atas Tanah. Dalam PP tersebut, hak guna usaha diatur pada Pasal 2 – Pasal 18.

 2.  Pengertian, Terjadinya, dan Jangka Waktu Hak Guna Usaha

UUPA memuat ketentuan hukum mengenai pengertian hak guna usaha, yaitu hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai langsung oleh negara guna perusahaan pertanian, perikanan, atau peternakan dengan jangka waktu tertentu (perhatikan Pasal 28 ayat (1) UUPA). Selain itu, PP Nomor 40 Tahun 1996 menambahkan satu lagi, yaitu untuk perusahaan perkebunan.

Hak guna usaha terjadi karena penetapan pemerintah (Pasal 31 UUPA) setelah adanya permohonan hak. Jangka waktu yang diberikan bagi hak guna usaha yaitu 25 tahun atau 35 tahun, dan dapat diperpanjang 25 tahun (Pasal 29 UUPA).

3.  Luas Hak Guna Usaha dan Asal Tanah Hak Guna Usaha

Untuk perseorangan, luas tanah hak guna usaha yaitu minimal 5 hektar dan maksimal 25 hektar. Untuk badan hukum, luas tanah hak guna usaha yaitu minimal 5 hektar, sedangkan maksimalnya ditetapkan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (perhatikan ketentuan Pasal 28 ayat (2) UUPA jo. Pasal 5 PP No. 40 Tahun 1996).

Tanah yang dapat diberikan dengan hak guna usaha adalah tanah negara. Jika asal tanah berasal dari kawasan hutan, maka tanah tersebut harus dikeluarkan terlebih dahulu dari statusnya sebagai kawasan hutan. Jika tanah berasal dari tanah hak, maka tanah hak tersebut harus dilakukan pelepasan atau penyerahan hak oleh pemegang hak dengan pemberian ganti kerugian oleh calon pemegang hak guna usaha (Pasal 4 PP No. 40 Tahun 1996).

4.  Subjek Hak Guna Usaha

Perhatikan ketentuan Pasal 30 UUPA jo. Pasal 2 PP No. 40 Tahun 1996 mengenai yang dapat menjadi subjek hak guna usaha, yaitu Warga Negara Indonesia, serta badan hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia dan berkedudukan di Indonesia (badan hukum Indonesia).

Apabila ternyata pemegang hak guna usaha adalah subjek yang tidak berhak/tidak memenuhi syarat, maka dalam jangka waktu satu tahun wajib melepaskan atau mengalihkan tanahnya kepada pihak lain yang memenuhi syarat. Jika tidak dilakukan, maka tanah tersebut akan hapus hak guna usahanya karena hukum, dan tanahnya menjadi tanah negara.

5.  Peralihan Hak Guna Usaha

Hak guna usaha dapat beralih dan dialihkan kepada pihak lain (Pasal 28 ayat (3) UUPA jo. Pasal 16 PP No. 40 Tahun 1996), yaitu melalui jual beli, tukar menukar, penyertaan dalam modal, hibah, dan pewarisan. Peralihan hak guna usaha harus didaftarkan pada Kantor Pertanahan.

6.  Hapusnya Hak Guna Usaha

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hapusnya hak guna usaha, yaitu :

  • Jangka waktunya berakhir.
  • Dihentikan sebelum jangka waktunya berakhir karena sesuatu syarat tidak dipenuhi.
  • Dilepaskan oleh pemegang haknya sebelum jangka waktunya berakhir.
  • Dicabut untuk kepentingan umum.
  • Ditelantarkan.
  • Tanahnya musnah.
  • Ketentuan Pasal 30 ayat (2) UUPA.

 

 

Download UU No. 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA)

download

Download PP No. 40 Tahun 1996 ttg HGU, HGB, HP Atas Tanah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s