SEKILAS MENGENAL SEJARAH HUKUM

Suatu ketika saat sedang berdiskusi mengenai metode penelitian hukum, oleh seorang kawan, saya pernah ditanya mengenai salah satu jenis pendekatan penelitian yang pernah saya gunakan dalam penelitian. Salah satu jenis pendekatan yang ditanyakan tersebut adalah sejarah hukum. Apa sih sejarah hukum itu? Kenapa dapat digunakan sebagai jenis pendekatan dalam penelitian hukum? Apa fungsinya? Pertanyaan yang sebenarnya telah saya jawab ketika itu, namun saya pikir tidak ada salahnya saya posting sedikit pembahasannya dalam blog ini sekedar untuk berbagi.

Sejarah hukum merupakan bagian dari penyelenggaraan sejarah secara integral dengan memfokuskan perhatian pada gejala-gejala hukum. Tujuan akhir sejarah hukum yakni menunjang dan bermuara di dalam penulisan sejarah secara integral, namun tidak melenyapkan tujuan parsiil yang spesifik dan yang perlu ada dari disiplin ini, yakni penemuan dalil-dalil dan kecenderungan-kecenderungan perkembangan hukum. Sejarah hukum hanya dapat dipelajari sejak periode yang di dalamnya terdapat dokumen-dokumen pertama yang ditulis, sebab tanpa naskah-naskah kita hanya dapat mengira-ngira aturan hukum mana yang ada pada jaman dahulu.

Sejarah hukum penting untuk pemahaman yang lebih baik tentang hukum yang berlaku sekarang. Sejarah hukum mempelajari proses terjadi dan pelaksanaan hukum di masa lalu serta perkembangannya, dan keterkaitannya dengan apa yang terjadi di masa kini, baik seperti yang terdapat dalam literature maupun naskah. Penekanan sejarah hukum terutama pada karakteristik keunikan fakta dan norma sehingga dapat menemukan gejala, dalil, dan perkembangan hukum di masa lalu yang dapat memberikan wawasan yang luas bagi orang yang mempelajarinya, serta dalam mengartikan dan memahami hukum yang berlaku saat ini.

Menurut Soerjono Soekanto, sejarah hukum berguna untuk mengungkapkan fungsi dan efektivitas dari lembaga-lembaga hukum tertentu. Artinya, dalam keadaan yang bagaimana suatu lembaga hukum dapat efektif menyelesaikan persoalan hukum dan dalam keadaan yang bagaimana pula lembaga tersebut gagal, dimana hal ini dapat dilihat dari kenyataan yang ada dalam hukum tersebut.

Tujuan pengkajian sejarah hukum adalah berusaha mengetahui dan memahami perkembangan lembaga-lembaga hukum yang menguasai kehidupan manusia di masa lalu sehingga dapat memahami hukum yang berlaku sekarang, untuk  dapat menerapkan hukum tersebut dengan konteks kehidupan masyarakat dan dapat mengembangkan ketentuan hukum baru sesuai dengan konteks masyarakat.

 

Singkat kata, sejarah hukum melihat hukum di masa lalu untuk melihat bagaimana hukum yang berlaku saat ini. Pendekatan ini berbeda dengan politik hukum yang justru melihat hukum yang berlaku saat ini untuk melihat hukum yang akan berlaku di masa depan (hukum yang dicita-citakan).

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s