METODE INTERPRETASI

Berbagai peraturan perundang-undangan yang sangat banyak jumlahnya saat ini tidaklah sempurna dan jelas, serta tidak dapat mengakomodir seluruh persoalan yang ada dalam masyarakat. Hukum harus diketemukan dengan menjelaskan, menafsirkan atau melengkapi peraturan perundang-undangannya. Untuk menemukan hukum, ada beberapa metode penemuan hukum, salah satunya adalah melalui interpretasi atau penafsiran.

Metode penafsiran hukum dibagi menjadi 4, yaitu :

1. Interpretasi gramatikal

Menemukan hukum dengan menggunakan metode ini berarti ketentuan-ketentuan yang terdapat dalm peraturan ditafsirkan atau dijelaskan dengan menguraikannya menurut bahasa umum sehari-hari. Penafsiran atau interpretasi gramatikal merupakan penjelasan dari segi bahasa dan disebut juga metode objektif.

2. Interpretasi Sistematis

Metode interpretasi ini menafsirkan peraturan dengan menghubungkannya dengan peraturan hukum atau undang-undang lain atau dengan keseluruhan sistem hukum. Dalam metode interpretasi sistematis, hukum dilihat sebagai suatu kesatuan, sebagai sistem peraturan.

3. Interpretasi Historis

Interpretasi historis adalah penafsiran makna undang-undang menurut terjadinya dengan jalan meneliti sejarah terjadinya undang-undang. Interpretasi historis meliputi penafsiran menurut sejarah hukumnya dan penafsiran menurut sejarah terjadinya undang-undang.

4. Interpretasi Teleologis

Dalam metode interpretasi ini, hakim menafsirkan undang-undang sesuai dengan tujuan pembentuk undang-undang. Interpretasi teleologis terjadi bila makna undang-undang ditetapkan berdasarkan tujuan kemasyarakatan.Interpretasi teleologis dinamakan juga interpretasi sosiologis.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s